SOP Desain Graphic Desainer BergerakBerdampak Batch 2

 

TABLE OF CONTENTS

📝 ALUR PERMINTAAN DESAIN GRAFIS

🎥 ALUR PERMINTAAN PEMBUATAN VIDEO DAN DESAIN VIDEO

💻 JOB DESCRIPTION MAIN PROGRAM (IN GENERAL)

GOOGLE DRIVE GRAPHIC DESIGNER BB BATCH 2: https://bit.ly/GraphicDesignBatch2

  • CONTACT PERSON

📝 ALUR PERMINTAAN DAN KETENTUAN DESAIN GRAFIS

  1. Permintaan pembuatan desain grafis dilayani jika diminta maksimal H-5 sebelum waktu publikasi.
  2. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meminta bantuan pembuatan desain poster divisi GD:
    • Poster yang lebih dititikberatkan adalah poster yang sebelumnya memang sudah termasuk dalam program BB dan poster insidentiil (sesuai kesepakatan).
    • WAJIB menyiapkan info dari isi poster lebih jelas, yang meliputi:
      1. Nama acara, tanggal, jam, tempat, keterangan tambahan.
      2. Keterangan tambahan (jika ada) dapat berupa tanggal post, periode dibukanya pendaftaran, dan gambaran desain yang diinginkan.
      3. Pemilihan tema dan warna utama yang sesuai color palette dari Graphic Designer pada bulan itu
      4. Kalimat-kalimat inti propaganda (kalimat jarkom) yang mudah dicerna baik oleh Graphic Designer maupun masyarakat luas.
      5. Contact Person (jika ada).
      6. Tanggal publikasi dari poster (disarankan tidak mengajukan tanggal publikasi mepet dengan H-5 pembuatan poster)
      7. Deskripsi poster yang diinginkan dan contoh gambar atau elemen bila ada. Bila tidak ada contoh gambar, maka pemilihan gambar dari desain poster akan menjadi hak Graphic Designer.
      8. Divisi yang mengajukan permintaan desain bersama penanggung jawab (PJ) program dari divisi Graphic Designer mendiskusikan konsep dan konten desain terlebih dahulu sampai mencapai kesepakatan antara kedua pihak. Setelah sepakat kemudian PJ dari Graphic Designer memulai desain sesuai hasil diskusi.
      9. Jika ada revisi konten, H-2 merupakan hari terakhir revisi minor desain berupa penggantian objek dan teks.
      10. Revisi diberikan maksimal H+1 setelah diberikan desain.
  3. Gambar wajib dalam format .jpg atau .png.
  4. Format warna gambar wajib dalam RGB.
  5. Aspek rasio gambar untuk Feed Instagram adalah 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 px.
  6. Aspek rasio gambar untuk Instagram Story adalah 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 px.
  7. Jika divisi yang mengajukan permintaan desain memiliki konten berupa gambar atau video, diharapkan mengirimkan file melalui attach document melalui WhatsApp agar file tidak mengalami perubahan ukuran, dan apabila file terlalu besar dapat mengirimkan melalui Google Drive atau Gmail yang telah diberi akses untuk dibuka sesuai kesepakatan antar divisi.

https://s3-us-west-2.amazonaws.com/secure.notion-static.com/ebf32922-1143-4e1c-b3ab-4eaab8507d3c/WhatsApp_Image_2021-07-26_at_3.47.57_PM.jpeg

  1. Tersedia beberapa template. Desain yang sudah tersedia template adalah sebagai berikut:
    • Jendela Dunia
    • Pojok Literasi
    • Bergerak Membangun Skill
    • Bergerak Menginspirasi
    • Podcast
    • Sastra
    • Artikel
    • Do's & Don'ts
  2. Pada template dapat ditambahkan gambar berupa foto tanpa latar belakang (removed background) ataupun gambar ilustrasi dalam format .png. Jika gambar dapat diubah warna, diharapkan untuk menyesuaikan dengan color palette.
  3. Color Palette dan font pada konten akan diperbarui setiap bulan.
  4. Publikasi lainnya:
    • Pengumuman di luar program BB maupun insidentiil.
    • Permintaan lainnya dengan syarat memiliki gambaran kasar yang sudah berisi konten lengkap yang ingin disampaikan.
    • Setiap kegiatan di luar kriteria di atas, dan sudah termasuk tabel program atau sesuai timeline, tidak termasuk kriteria publikasi lain.
  5. Apabila permintaan desain tidak sesuai dengan ketentuan diatas, maka Graphic Designer berhak menolak permintaan desain tersebut.

🎥 ALUR PERMINTAAN PEMBUATAN VIDEO DAN DESAIN VIDEO

ALUR PERMINTAAN PEMBUATAN VIDEO DARI INTERNAL BB

  1. Video yang dimaksudkan adalah video atas nama BB dan video insidentiil (sesuai kesepakatan).
  2. Permintaan pembuatan desain video akan dilayani jika diminta maksimal H-30.
  3. Berikut hal-hal yang harus sudah disiapkan sebelum meminta bantuan pembuatan bahan publikasi dari divisi GD:
    • Nama kegiatan, keterangan tambahan
    • Kalimat-kalimat inti/propaganda/skenario yang mudah dicerna baik oleh Graphic Designer maupun masyarakat luas.
    • Contact Person (bila ada).
    • Deskripsi video dan contoh video bila ada.
    • Bila ada revisi konten, revisi maksimal 1x.
  4. Memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Ukuran video fit to Instagram, dengan ratio 16:9 (landscape) atau 9:16 (portrait).
    • Wajib mencantumkan logo BB dalam video (dipojok kiri atas/pojok kanan atas).
    • Durasi video maksimal sekitar 10 menit (kecuali podcast) dengan kualitas video antara 480p (852 x 480 px) hingga 720p (1280 x 1080 px).
    • Untuk bentuknya dibebaskan tergantung kreativitas masing-masing Graphic Designer.
  5. Video yang telah dibuat dikirimkan melalui attach document melalui WhatsApp agar file tidak mengalami perubahan ukuran, dan apabila file terlalu besar dapat mengirimkan melalui Google Drive atau Gmail yang telah diberi akses untuk dibuka sesuai kesepakatan antar divisi.

ALUR PERMINTAAN PEMBUATAN VIDEO DARI EKSTERNAL BB

  1. Sesuai dengan kesepakatan antara pihak pemohon dan BB
  2. Permintaan pembuatan video meliputi video insidentiil yang tidak termasuk dalam program kerja dari lembaga lain di luar BB.
  3. Permintaan pembuatan video akan dilayani jika diminta maksimal H-30.
  4. Berikut hal-hal yng harus sudah disiapkan sebelum meminta bantuan pembuatan bahan publikasi dari divisi GD:
    • Nama kegiatan, keterangan tambahan.
    • Kalimat-kalimat inti/propaganda/skenario yang mudah dicerna baik oleh Graphic Designer maupun masyarakat luas.
    • Contact Person (bila ada).
    • Deskripsi video dan contoh video bila ada.
    • Bila ada revisi konten, revisi maksimal 1x
  5. Memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Ukuran video fit to Instagram, dengan ratio 16:9 (landscape) atau 9:16 (portrait).
    • Wajib mencantumkan logo BB dalam video (dipojok kiri atas/pojok kanan atas).
    • Durasi video maksimal sekitar 10 menit (kecuali podcast) dengan kualitas video antara 480p (852 x 480 px) hingga 720p (1280 x 1080 px).
    • Untuk bentuknya dibebaskan tergantung kreativitas masing-masing Graphic Designer.
  6. Video yang telah dibuat dikirimkan melalui attach document melalui WhatsApp agar file tidak mengalami perubahan ukuran, dan apabila file terlalu besar dapat mengirimkan melalui Google Drive atau Gmail yang telah diberi akses untuk dibuka sesuai kesepakatan antar divisi.

💻 JOB DESCRIPTION MAIN PROGRAM (IN GENERAL)

  1. Jendela Dunia

    • Poster feed IG (countdown, pengumuman, dll)
    • Poster story IG
  2. Pojok Literasi

    • Poster feed IG (countdown, pengumuman, dll)
    • Poster story IG
  3. Bergerak Menginspirasi

    • Sertifikat
    • Video teaser (ukuran story dan/atau feed)
    • Video aftermovie
    • Live report (screenshoot)
    • Poster feed IG (countdown, pengumuman, dll)
    • Poster story IG
    • Twibbon (untuk peserta)
    • Virtual background (untuk Zoom Meeting/Google Meet)
    • header Google Form (untuk registrasi)
  4. Bergerak Membangun Skill

    • Sertifikat
    • Video teaser (ukuran story dan/atau feed)
    • Video aftermovie
    • Live report (screenshoot)
    • Poster feed IG (countdown, pengumuman, dll)
    • Poster story IG
    • Twibbon (untuk peserta)
    • Virtual background (untuk Zoom Meeting/Google Meet)
    • header Google Form (untuk registrasi)
  5. Di media sosial lain diperhatikan ukurannya: Twitter, TikTok, LinkedIn

  6. Semua job description sifatnya kondisional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakter Positif Generasi Muda untuk Masa Depan Bangsa

Self Awareness

Selamat Hari Sumpah Pemuda!